RSS

cara memindahkan file antara dua komputer

22 Feb

Ada beberapa cara untuk mentransfer data dari komputer satu ke komputer yang lain. Hal yang paling sering kita lakukan adalah mentransfernya menggunakan usb flash drive. Solusi murah yang praktis. Namun bagaimana bila data yang kita transfer itu sangat besar. 40 GB atau pun lebih. Anda yang membeli komputer baru dan ingin mentransfer file2 berharganya dari komputer yang lama akan membutuhkan cara yang lebih praktis dari transfer menggunakan usb flash drive. Bisa gempor! Caranya adalah menggunakan kabel lan.

Apa yang perlu kita persiapkan?

1. Kabel LAN crossover
2. Dua buah PC dengan OS WINDOWS XP yang sama
3. Setting LAN
4. Sharing folder
5. Matikan firewall
6. Data yang di transfer
1. Kabel Lan Crossover.Kabel lan adalah kabel yang dipakai sebagai sarana transfer data antara komputer di kantor kantor. Apabila anda menggunakan internet speedy, kabel ini juga anda gunakan untuk koneksi ke modem dan internet. Yang anda butuhkan adalah kabel crossover, sebenranya anda bisa membuatnya sendiri. Namun sangat mudah juga bila anda mampir ke toko komputer langganan anda.
2. Siapkan komputer yang datanya akan dipindahkan dari satu komputer ke yang lainnya.Tancapkan kabel lannya, bila sudah benar, indikator akan menyala di tempat anda menancapkan kabelnya dan tentunya menggunakan komputer dengan operating system atau OS yang sama.
• Memeriksa apakah pada Control Panel setting untuk software LAN sudah terinstal, cara melihatnya terdapat pada menu Network Connections >> Properties >> TCP/IP. Jika belum ada maka diinstal terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut.
1. Masuk pada Control Panel dengan cara: Klik Start Menu >> Control Panel >> Add/Remove Program >> Klik Tab Windows Component.
2. Pada menu Windows Component terdapat menu Networking Services, beri tanda pada menu tersebut untuk di instal, lalu klik Next.
3. Setelah itu windows akan meminta CD Master WINDOWS XP, apabila ada CD-nya, maka masukkan CD Master ke CD-ROM, tunggu sampai komponen tersebut terinstal.

• Setting LAN, ini cukup sederahana tapi butuh kejelian. Masuk ke Start Menu >> Control Panel >> Network Connection >> klik kanan >> Properties >> Internet Protocol(TCP/IP) >> Properties.

lalu masukkan no IP address seperti di gambar di bawah ini:

Di komputer pertama Pilih untuk masukkan IP address: IP addressnya: masukan saja 192.168.0.1, subnet masknya: 255.255.255.0 lalu masukan di komputer ke dua, IP addressnya: 192.168.0.2, Jangan lupa untuk meng-enable lannya di network connection setting.
• Sharing folder yang ingin dibagi. Ada beberapa cara untuk transfer data melalui kabel LAN ini, bisa jadi computer pertama mengirim data ke komputer ke dua. Atau komputer ke dua yang mengambil data di komputer pertama. kita ambil salah satu contoh saja, yaitu transfer dari komputer pertama ke dua urutannya: buatlah folder di komputer ke dua, misal folder “copy”. set folder itu >> klik kanan >> pilih Sharing & Security >> Share This Folder On The Network >> Allow Network User To Change My File >> OK. Berarti sekarang folder itu sudah bisa tampil di network anda dan anda sudah bisa mengirim data-data anda.

• Matikan Firewall. Apabila antivirus ataupun firewall anda aktif, akan sulit mentransfer data, karena dihalangi oleh firewall tersebut yang memang berfungsi melindungi komputer dari tangan-tangan jahil. Cara matikan firewall: Start Menu >> Control Panel >> Windows Firewall >> Off (Not Recommended) >> OK Sekarang sudah mati, berari and siap mengirimkan data-data anda.

• Kirim data. Di komputer pertama buka Start Menu >> My Network Places, atau Start Menu\All Programs\Accessories\Windows Explorer >> My Network Places. Anda akan mendapatkan folder yang sudah di share tadi, namanya “copy” dalam komputer. Anda tinggal mengirimkan file anda.

About these ads
 
2 Komentar

Posted by pada Februari 22, 2011 in seni komputer

 

2 responses to “cara memindahkan file antara dua komputer

  1. Zefri Ade Gurukinayan

    Desember 6, 2012 at 2:04 pm

    mantap bro

     
  2. yathi

    Agustus 14, 2012 at 6:36 am

    aq blum ngrti

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: